Definisi Bidan Menurut Ahli

Pengertian dan Definisi Bidan Menurut Ahli - Apa pengertian dari Bidan secara lengkap ? Apa perbedaan Bidan dan Kebidanan ? Ada banyak pengertian Bidan dari berbagai sumber, seperti Menurut KBBI, Menurut DepKes ( Departemen Kesehatan ) atau sekarang lebih dikenal Kemenkes ( kementerian ), kemudian menurut WHO, IBI dan menurut ICM serta Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Berikut Informasi singkat tentang Definisi dan Penjelasannya. 


Definisi Bidan Menurut Ahli Dalam Bahasa Inggris, Bidan berasal dari kata "MIDWIFE" yang mengandung arti Pendamping wanita atau dukun beranak. Dan dalam bahasa Sanksekerta di sebut dengan Istilah “Wirdhan” yang berarti Wanita Bijaksana. Bidan adalah profesi yang diakui di seluruh dunia dalam membantu kelahiran seseorang. Seperti yang disebutkan di atas bahwa Pengertian bidan secara internasional telah diatur dan diakui oleh Internasional Confederation of Midwives ( ICM ) pada tahun 1972 dan Internasional Federation of International Gynaecologist and Obstetritian ( FIGO ) pada tahun 1973, WHO dan badan lainnya. Kemudian Pada tahun 1990, dalam pertemuan dewan Internasional yang digelar di kota Kobe, ICM menyempurnakan definisi Bidan yang kemudian disahkan oleh FIGO ( Federation of International Gynecologist Obstetrition ) pada tahun 1991 serta WHO tahun 1992.




Definisi Bidan Menurut KBBI
Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia Bidan didefinisikan sebagai berikut :

bidan /bi·dan/ n wanita yg mempunyai kepandaian menolong dan merawat orang melahirkan dan bayinya;

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mendefinisikan bahwa bidan Indonesia adalah : "seorang perempuan yang sudah lulus dari pendidikan Bidan yang diakui oleh pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia ( NKRI ) serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan."


Definisi Bidan Menurut ICM 
Menurut International Confederation Of Midwives, "Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar (register) dan atau memiliki ijin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik kebidanan."


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization, pengertian dari "Bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar (register) dan atau memiliki izin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan."


DR. E. A. MOELOEK

Definisi Bidan Menurut PROF. DR. IDA BAGUS GDE MANUABA
"Bidan merupakan mata rantai yang sangat penting karena kedudukannya sebagai ujung tombak dalam upaya meningkatkan sumber daya menusia melalui kemampuannya untuk melakukan pengawasan, pertolongan, dan pengawasan neonatus dan pada persalinan ibu postpartum"


Seorang Bidan mempunyai tugas penting dalam Konsultasi dan pendidikan kesehatan ( Kelahiran Bayi ) wanita hamil serta keluarga dan komunitasnya. Pekerjaan itu termasuk pendidikan atau Pelayanan Antenatal. Untuk itu Bidan harus Ahli dalam bidangnya. Bidan diperbolehkan membuka praktik di rumah ataupun unit kesehatan, rumah sakit, klinik atau tempat-tempat lainnya. Untuk mengetahui Perbedaan Bidan dan Kebidanan, Baca Definisi Kebidanan Menurut Ahli.