Pengertian & Definisi MEA ASEAN

Pengertian & Definisi MEA ASEAN - Apa pengertian dari MEA atau AEC menurut Ahli ? Akhir - akhir ini banyak diperbincangkan tentang istilah MEA. MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah bentuk sistem perdagaangan bebas antara Negara-negara dikawasan asean ( Asia Tenggara ). Perdagangan bebas MEA baru diterapkan di Tahun 2015. Indonesia beserta 9 negara anggota ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Laos, Myanmar, Filipina,Vietnam, Brunei Darusalam dan Kamboja telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau dalam bahasa Ingris yaitu ASEAN Economic Community (AEC). 




Terbentuknya Masyarakat Ekonomi Asean 2015

Sejarah berdirinya MEA atau AEC 2015. Pada penyelenggaraan KTT ( konferensi tinggkat tinggi ) ASEAN ke-12 pada bulan Januari tahun 2007 lalu, para Pemimpin Asean menegaskan terhadap komitmen mereka untuk mempercepat pembentukan MEA tahun 2015. Komitmen tersebut telah diusulkan pada ASEAN Visi 2020 dan ASEAN Concord II, serta menandatangani Deklarasi Cebu tentang Percepatan Pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015. Para pemimpin telah sepakat untuk mempercepat pembentukan dan untuk mengubah kawasan ASEAN menjadi daerah yang semakin maju dengan perdagangan bebas barang dan jasa, tenaga kerja terampil,investasi dan aliran permodalan yang lebih bebas.
Pengertian & Definisi MEA ASEAN



Karakteristik Dan Unsur Masyarakat Ekonomi ASEAN

ASEAN Economic Community (AEC) merupakan realisasi tujuan akhir dari integrasi ekonomi yang tertuang dalam Visi 2020, dan didasarkan pada konvergensi kepentingan negara anggota ASEAN untuk memperluas integrasi ekonomi melalui inisiatif yang ada. Komunitas ini akan membentuk ASEAN sebagai pasar global dan basis produksi tunggal membuat kawasan ASEAN lebih dinamis dengan mekanisme serta upaya untuk memperkuat pelaksanaan baru yang ada inisiatif ekonomi, memfasilitasi pergerakan bisnis,  melakukan percepatan integrasi regional di sektor-sektor prioritas, tenaga kerja terampil dan bakat dan memperkuat kelembagaan mekanisme ASEAN.