Pengertian Kepribadian Menurut Ahli Secara Lengkap

Pengertian dan Definisi Kepribadian Menurut Ahli - Apa itu definisi dari Istilah kepribadian ?  Ada banyak sekali definisi dan pengertiannya. Bagi yang pernah melamar kerja atau masuk ke jenjang pergutuan tinggi pasi juga sudah mengenal Istilah Tes Kepribadian. Menurut Hasil penelitian Allport (Guilford, 1959) memberi kesimpulan bahwa istilah kepribadian setidaknya mempunyai lima puluh pengertian atau definisi. Kata kepribadian memang yang lebih dikenal dengan istilah personality yang berasal dari kata persona. Nah, untuk memperjelas mengenai arti dari kepribadian, berikut ini beberapa pengertian menurut para ahli secara lengkap :


  1. Menurut Horton (1982:12), pengertian kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen seseorang. .
  2. Menurut Schaefer dan Lamm (1998:97) adalah sebagai keseluruhan pola sikap, kebutuhan, ciri-ciri khas, dan perilaku seseorang. 

Pengertian Kepribadian Menurut Ahli Secara LengkapBerdasarkan kata persona, kini Para ahli psikologi berusaha untuk mendefinisikan kepribadian yang bersifat psikologis, namun masih belum ada kesepakatan mengenai apa sebenarnya definisi kepribadian, walaupun sudah banyak pengertian yang ditawarkan selama ini.

Kimmel (dalam Pertiwi, 2001) : meskipun terdapat beberapa definisi kepribadian yang berbeda, tetapi hampir semua teori tersebut menekankan definisi kepribadian pada tiga karakteristik utama, yaitu: 


  1. Reflect the unique personality of the individual as a person,
  2. Theories of personality focusing on individual traits are quite stable over long periods of time in different situations -beda,
  3. Personality is seen as the relationship between the individual and the physical and social environment, in the sense that they reflect the personality pattern -pola / ways people adapt to the environment.

Atkinson ( Haryanthi, 2001) :  Dijelaskan bahwa kepribadian adalah cara berpikir yang khas serta pola perilaku yang menentukan penyesuaian diri dari individu terhadap lingkungan disekitarnya. 

Allport ( Smith, 1968) : Istilah kepribadian merupakan organisasi dinamis yang ada di dalam diri individu, terdiri dari sistem psikofisik yang menentukan penyesuaian individu terhadap lingkungannya. 

Feist (1985) menjelaskan bahwa kepribadian secara umum menunjuk pada sifat, pembawaan lahir, atau karakteristik individu yang relatif konsisten dengan perilaku individu. 

Eysenck (Eysenck & Wilson, 1976), merupakan tokoh psikologi terkenal yang mengembangkan tipe kepribadian extrovert dan introvert memberikan. Beliau mendefinisikan kepribadian sebagai keseluruhan pola perilaku, baik yang aktual ataupun yang potensial serta ditentukan oleh pembawaan dan lingkungan. Kemudian berkembang melalui interaksi fungsional dari empat sektor utama, yaitu  somatik (konstitusi), kognitif,  afektif (temperamen) dan konatif (karakter)